Friday, February 11, 2011

Titik Nol Kilometer Kota Bandung


1. Lokasi Titik Nol Kilometer
Lokasi titik nol kilometer Kota Bandung terletak di Jalan Asia Afrika di depan Kantor Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Jalan Asia Afrika merupakan jalan protokol di Kota Bandung. Namun banyak masyarakat yang belum mengetahui lokasi titik nol ini bahkan oleh masyarakat Bandung sendiri. Padahal letaknya di tengah kota dan sering dilalui oleh kendaraan.

2. Gambaran Aktivitas
Tidak seperti titik nol kilometer di Jogja, titik nol kilometer di Bandung nyaris tidak ada aktivitas. Pejalan kaki pun jarang melintas karena tidak ada magnet di kawasan itu dan sekitarnya. Berbeda dengan Gedung Konferensi Asia-Afrika yang letaknya tidak berjauhan dengan titik nol kilometer, banyak pengunjung yang datang dengan tujuan berfoto atau mengunjungi museum. Juga di sebelah utaranya, Alun-alun Kota Bandung yang ramai oleh pengunjung karena terdapat taman di pelataran Masjid Agung. Titik nol kilometer di Kota Bandung hanya dijadikan simbol penanda semata. Kurang populer dan tidak bergengsi.

3. Gambaran Fisik
Titik nol kilometer Bandung hanya berupa monumen km 0 seperti monumen penanda km yang lainnya. Terletak pada trotoar selebar 1,5 meter. Di badan jalan terdapat zebra cross berwarna kuning bertuliskan 0,00 KM BDG. Hanya yang menarik di titik nol kilometer Bandung terdapat monumen kereta uap di pelataran Kantor Dinas Bina Marga. Namun letaknya di dalam pagar sehingga tidak bisa diakses oleh pengunjung. Pedestrian ways pun cukup nyaman karena diteduhi oleh pohon rindang. Namun jumlah pejalan kaki sangat sedikit.


0 comments:

Post a Comment