Thursday, January 27, 2011

nDalem Pujokusuman : Belajar Tari Jawa Klasik




Salah satu tempat terbaik untuk mempelajari atau menonton pementasan tari Jawa Klasik yaitu di nDalem Pujokusuman, Jalan Brigjen Katamso, timur Keraton Yogyakarta. Hingga kini pementasan masih rutin dilaksanakan di bawah pengelolaan Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa (YPBSM). Meskipun hanya sedikit atau beberapa penonton yang menyaksikan namun hal ini tetap mempertahankan pementasannya seperti Tari Jawa Klasik, Bedoyo, Serimpi, Wayang Orang dan Sendratari Ramayana disamping karena nDalem Pujokusuman ini sebagai salah satu wadah pelestarian seni tradisional Gaya Yogyakarta.

Tempat ini juga membuka kursus tari Jawa Klasik untuk dewasa dan anak-anak dengan frekuensi latihan dua kali dalam seminggu dengan mendatangkan pelatih dari KONRI dan Asti Yogyakarta. Kendati keadaan Indonesia sekarang masih memprihatinkan namun masih banyak generasi muda bahkan orang asing seperti Jepang, Amerika dan Belanda ingin mempelajari beksa atau tari tradisional klasik di YPBSM nDalem Pujokusuman ini.

Pementasan tarian yang rutin digelar ini diadakan tiap hari Senin dan Jumat jam 20.00 - 22.00 sedang untuk hari Selasa, Rabu, Kamis untuk berlatih para siswa mulai pukul 15.30 - 18.00 WIB dan hari Sabtu, khusus untuk anak-anak dengan gending dolanan meskipun arahannya nanti ke pementasan dan Seni Tari Tradisional. Saat ini, siswa YPBSM lebih dari seratus orang dari berbagai usia, pribumi maupun asing.

0 comments:

Post a Comment