Wednesday, April 13, 2011

Rumah Makan Es Masuk

Es Masuk yang terletak di Jalan Yos Sudarso No. 233, utara perempatan pasar kliwon ini menyajikan berbagai macam menu khas Solo seperti selat, timlo, nasi langgi, sup matahari, dll. Minuman yang disajikan pun bermacam-macam seperti es degan, es campur, es buah, dll. Dinamakan es masuk karena rumah makan tersebut berada di balik tembok sehingga tidak terlihat dari luar.
Salah satu sajian yang khas di warung makan ini yaitu selat. Selat adalah makanan khas solo yang terdiri atas beberapa iris daging sapi yang ditata manis dengan irisan telur rebus, wortel, kentang, buncis, timun, tomat, daun selada, kemudian disiram dengan kuah semur manis dan mayonaise. Selat berasal dari kata salad atau sla dalam Bahasa Belanda. Komposisi makanan ini menunjukkan percampuran kuliner Jawa-Belanda yang unik.
Selain selat ada juga sop matahari yaitu sop yang dibuat dari daging cincang – sapi atau ayam – dicampur dengan jamur dan seiris sosis, dibungkus dalam dadar tipis membentuk bola yang cukup besar. Dadar pembungkus ini kemudian disayat delapan, lalu dibuka sehingga membentuk matahari, dan kemudian disiram sop kaldu encer yang gurih.
Lalu ada nasi timlo. Nasi timlo itu pada dasarnya seperti kuah soto bening yang kemudian dicampur dengan nasi. Nasi timlo berkuah ini, selain nasi, lauknya ada telur semur, daging ayam, jamur kuping, jeroan, wortel, keripik kentang lengkap dengan daun bawang dan bawang goreng. Ada juga teman makan yang lain yang tersedia untuk dipilih, misalnya sate udang, sate kulit ayam, sosis solo dan sate perkedel kentang yang bisa dijadikan teman bersantap.
Es Campur

Teman Makan

Sosis Solo

Nasi Timlo

Nasi Langgi

Selat Solo

Sop Matahari

Source: jalanasik.com

0 comments:

Post a Comment