Tuesday, April 12, 2011

Taman Balekambang


Taman Balekambang dibangun pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII, yang dikenal dengan Partini Tuin pada saat itu, sebuah nama yang diambil dari nama putri beliau yang bernama Partin. Beliau membangun Taman Balekambang dengan memadukan konsep Jawa dan Eropa. Dinamakan Balekambang, karena di taman tersebut terdapat sebuah kolam ikan dan kolam renang yang di tengahnya terdapat rumah istirahat yang nyaman, dan dikelilingi kebun bunga yang sangat indah. Dulu Balekambang sering digunakan tempat bersantai/rekreasi khusus keluarga dan kerabat istana Mangkunegaran, baru pada era KGPAA Mangkunegara VIII Taman Balekambang di buka untuk umum. Pada era tahun 70 an masuk pula hiburan Srimulat yang menelorkan beberapa seniman-seniman terkenal seperti Timbul, Gepeng, Djujuk, Nunung, Mamik Basuki dll.
Setelah Taman Balekambang di revitalisasi pada tahun 2008 oleh Pemkot Surakarta, disamping fungsi utamanya sebagai daerah resapan dan paru-paru kota juga diperuntukan sebagai public area atau ruang publik yang dapat difungsikan sebagai Taman Seni & Budaya, Taman Botani, Taman Edukasi dan Taman Rekreasi.
Area Taman Balekambang seluas 9,8 Ha yang terletak di Jl. Balekambang no. 1 Surakarta dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB setiap hari. Pengunjung dapat menyusuri jalan-jalan setapak dibawah rindangnya dan semilirnya pepohonan untuk mengeliling taman, dan setalah capek berkeliling bisa duduk-duduk dikursi taman yang di desain unik sambil menikmati kicauan burung, canda beberapa ekor rusa yang jinak dan angsa putih layaknya yang dialami keluarga Puro Mangkunegaran dulu. Di area taman juga terdapat mobil pintar yang menyediakan buku-buku bacaan, serta mobil mainan yang dapat disewa.








Source: tamanbalekambang.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment